kiram99 Hi. My name is Saiful Kiram. I am a college student. My hobbies are reading and writing.

Cara Menarik Pesan di Gmail Yang Sudah Terkirim

Cara Menarik Pesan di Gmail Yang Sudah Terkirim

Cara Menarik Pesan di Gmail – Lupa melampirkan dokumen saat mengirimkan email? Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah menarik email tersebut. Jadi, Anda tidak perlu langsung panik ketika mendapati kesalahan saat mengirim email. Lalu, bagaimana cara menarik pesan di Gmail yang mudah dilakukan?

Cara Menarik Pesan di Gmail Yang Sudah Terkirim

Tidak hanya pesan instan atau chatting saja yang bisa dibatalkan lho. Untuk surat elektronik pun bisa dilakukan, misalnya pada Gmail. Layanan ini memang tidak bisa dipisahkan dari aktivitas pekerjaan, pendidikan, maupun untuk kebutuhan pribadi.

Apa Itu Gmail dan Manfaatnya?

Gmail menjadi salah satu produk Google berupa layanan surat elektronik. Sebagian besar pengguna surel mengandalkan layanan ini. Mungkin di tahun 2000-an, kita lebih sering menggunakan Yahoo atau Rocketmail. Seiring berjalannya waktu, posisinya tergeser oleh Gmail.

Menarik Pesan di Gmail

Layanan ini memang memiliki sejumlah keunggulan yang membuat penggunanya nyaman. Tidak hanya itu, penggunaan platform ini begitu luas dan banyak terintegrasi dengan layanan lainnya.

Tak heran jika tidak memiliki akun Gmail, Anda mungkin akan kesulitan menggunakan berbagai layanan. Terutama bagi pengguna Android yang tentunya perlu membuat akun Gmail. Sebenarnya, apa saja fungsi dari Gmail?

1. Mengirim Email

Tentunya hal ini merupakan fungsi utama dari layanan Gmail. Walau bagaimana pun juga, aktivitas bertukar email saat ini masih banyak dilakukan. Baik di sektor pendidikan, pekerjaan, bisnis, dan lain sebagainya.

Bahkan sudah banyak lowongan pekerjaan yang hanya menerima lamaran melalui email. Tak heran jika memahami seputar penggunaan email saat ini penting dilakukan.

2. Syarat Menikmati Platform Google Lainnya

Anda membutuhkan Gmail agar bisa menikmati produk atau layanan lainnya dari Google. Sebut saja Google Drive, Google Meet, Google Docs, Google Form, Google Map, dan lain sebagainya.

Bahkan ketika pertama kali membeli smartphone Android, Anda akan diminta untuk melakukan setting wizard. Pengguna harus memiliki akun Google untuk dapat mengunduh berbagai aplikasi di PlayStore nantinya.

3. Integrasi dengan Berbagai Aplikasi

Pernahkah Anda mendownload sebuah aplikasi lalu tersedia pilihan login dengan Gmail? Nah, pada dasarnya akun Gmail yang dimiliki memang terintegrasi dengan banyak platform. Mengingat produk Google ini memang sudah digunakan secara luas oleh berbagai kalangan.

Mengapa Perlu Menarik Pesan di Gmail?

Mengingat manfaatnya yang begitu beragam, penggunaan Gmail juga perlu diperhatikan. Jika ingin mengirim surat elektronik, pastikan segala sesuatunya sudah diperhatikan dengan benar. Sayangnya, tak jarang keteledoran tetap terjadi sedangkan email sudah terlanjur dikirim.

Misalnya ketika mengirim lamaran kerja lupa melampirkan persyaratan, salah mengirim dokumen tugas, kesalahan pada subjek email, banyak terdapat typo, sampai salah alamat tujuan email. Semua kesalahan tersebut memang bisa mengakibatkan efek yang cukup fatal lho.

Namun, bukan tidak berarti tidak ada solusi sama sekali. Anda bisa membatalkan pengiriman email tersebut dengan mudah. Namun, tentunya dengan catatan yang perlu diperhatikan.

Cara Menarik Pesan di Gmail

Bagi Anda yang ingin menarik email yang sudah terlanjur terkirim, jangan terlalu panik ya. Email tersebut masih bisa dibatalkan atau ditarik melalui langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka Gmail terlebih dahulu di perangkat Anda.
  • Selanjutnya, pilih Settings berupa ikon roda gerigi yang terdapat di pojok kanan atas.
  • Klik See all Settings.Menarik Pesan di Gmail Menu See all Setting
  • Pada tab General, scroll sampai terdapat pilihan Undo Send.Menarik Pesan di Gmail Menu Undo Send
  • Tambahkan ke durasi paling lama, yaitu 30 detik.
  • Simpan perubahan dengan klik Save Changes yang berada di bagian bawah halaman.
  • Jika sudah mengatur durasi Undo Send, Anda bisa menarik pesan yang terlanjur terkirim.
  • Pada pesan yang terkirim, klik Undo.
  • Opsi tersebut akan tersedia secara otomatis setelah pengguna berhasil mengirim email.
  • Selesai.

Kesimpulan

Meski cara di atas termasuk mudah dilakukan, Anda tetap harus memperhatikan durasi yang sudah diatur untuk membatalkan pesan ini. Sayangnya, pihak Gmail hanya menyediakan durasi penarikan pesan maksimal 30 detik setelah pesan terkirim.

Jadi ketika sudah lewat dari 30 detik, pesan yang terkirim tidak bisa dibatalkan. Oleh karena itu, Anda harus menyadari sesegera mungkin jika terdapat kesalahan pada pengiriman email.

Misalnya kesalahan pada alamat tujuan, Anda harus langsung mengeceknya. Dengan demikian, pesan yang sudah terlanjur terkirim tersebut bisa langsung ditarik.

kiram99 Hi. My name is Saiful Kiram. I am a college student. My hobbies are reading and writing.

Program Menghitung Volume Balok Menggunakan Dev C++

Hai sahabat tekno. Seperti biasa, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan bagaimana caranya membuat sebuah program untuk menghitung Volume Balok di Dev C++....
kiram99
19 sec read